Total Tayangan Halaman

Minggu, 27 Maret 2011

Raja Ni Naipospos dan Keturunannya

Horas,,

Kiranya Tuhan tetap memberkati kita, dan memberkati juga smua Pomparan dari ompu kita..Toga Naipospos..
Berikut bebereapa hal yang perlu saya ingin sampaikan mengenai keturunan dari Ompu kita, yaitu Raja Ni Naipospos. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarahnya,

Menurut Legenda dan Logika,
Mulai dari yang paling dasar, yaitu mengenai sebutan Raja Naipospos pada ompu kita. Menurut adat Batak, tidak ada sebutan Raja untuk perempuan, sedangkan sebutan Nai adalah dimana digunakan untuk menyatakan ibu. Jadi selama ini kita salah menyebutkan Ompu kita dengan sebutan Raja Naipospos, kita seharusnya memanggilnya Raja ni Naipospos. Raja Ni Naipospos sebenarnya hanya gelar, dimana nama aslinya adalah Raja Sidangoldangol.

Kedua, ini adalah perihal mengenai Keturunan dari Raja Ni Naipospos (Raja Sidangoldangol). Jadi mungkin banyak diantara abang, adik, kakak, dan smua pomparan bingung karena mengenai hal ini ada 2 versi. Ada yang menyatakan bahwa anak dari Raja Ni Naipospos ada Lima, tapi saya menyatakan bahwa itu tidak benar. Sebab Keturunan dari Raja Ni Naipospos hanya ada 2, yaitu:
1. Marbun, yang nanti keturunanya menjadi cikal bakal marga Lumban Batu, Banjarnahor, Dan Lumban Gaol.
2. Sipoholon, yang nanti keturunanya menjadi cikal bakal marga Sibagariang, Hutauruk, Simanungkalit, dan Situmeang.

Point-point yang saya pegang untuk membuktikan hal itu adalah sbb,
Ompu kita, Raja Ni Naipospos adalah ompu yang sangat borju dimana hatinya sangat lembut. Mungkin sifat ini turun ke kita, dimana rasa kekeluargaan kita sangat tinggi. Hem,
On ma cerita na. . .
Jadi Raja Ni Naipospos memiliki seorang istri yaitu boru Pasaribu (dari Borbor). Namun sekian lama Kawin, Ompung boru (Boru Pasaribu) tak kunjung mengandung. Kita mengetahui bahwa anak pada orang batak sangat lah diagung-agungkan. Karena Hal tersebut maka Ompu boru menyatakan kepada Ompu kita untuk mengambil adiknya, setelah kedua nya sama-sama setuju maka terjadilah demikian. Lalu Ompu Boru kedua ini mengandung, tapi selang beberapa kemudian Ompu Boru pertama juga mengandung.
Dan ternyata yang pertama lahir adalah Marbun dan beberapa saat kemudian lahir juga Sipoholon. Nah, inilah salah satu permasalahan pada pomparan kita. Dimana Ompu boru 1 menyatakan bahwa Sipoholon adalah siangkangan karena lahir dari istri 1, namun pihak Ompu boru 2 menentang hal tersebut dengan mengatakan bahwa Marbun adalah siangkangan karena ia yang pertama lahir. Dan Raja Ni Naipospos pun tidak bisa menentukan siapa yang menjadi siangkangan.
Lalu dengan kesepakatan bersama, Raja Ni Naipospos beserta 2 Ompu boru mengunjungi pihak hula-hula (marga Borbor). Namun pihak hula-hula tidak mampu menentukan siapa yang menjadi siangkangan. Maka hula-hula itu menyatakan “beginilah, sama-sama siangkangan lah keduanya.
Nah inilah yg membuat masalah pada kita, karena kita berlomba untuk menjadi yang diatas. Tapi, inilah arti dari sama-sama siangkangan.
Maksudnya bahwa siangkangan sian partubu Ima marbun, dan sedangkan siangkangan sian partuturan (bere) ima Sipoholon. Jadi kalau ada pesta yang diadakan oleh pihak anak, maka yang pertama menerima jambar ialah Marbun. Sedangkan kalau ada pesta dari pihak tulang(hula-hula Pasaribu) yang pertama menerima ulos adalah Sipoholon sebab berenya pertama ialah Sipoholon.
Truus,, ada juga permasalahan pada pemberian nama. Yaitu Marbun, dimana yang sebenarnya namanya Martuasame.
Kenapa????
Karena arti dari Martuasame adalah bibit atau yang bakal bertuah (dimana artinya Marbun itu adalah bibit atau anak yang bertuah karena pertama lahir), sebab kita ketahui Marbun lah yang pertama lahir. Dimana arti sipoholon berasal dari kata pohol dimana dulu ia dipohol oleh ibunya supaya cepat besar(MUNGKIN tujuannya agar bisa menjadi siangkangan).
Dan nama dari sipoholon adalah Pospos,
Kenapa???????
Begini ada contoh,
Ompu dari Raja Ni Naipospos yaitu Tuan Sori mangaraja, dimana ia memiliki tiga orang istri yaitu,
1. Ina Naiambaton (ibu dari si ambaton/Ompu Raja Naibolon)
2. Ina Nairasaon (ibu dari si rasaon/ Radja Mangarerak)
3. Ina Naisuanon/Naitungkaon (ibu dari si suanon/Tuan Sorbanibanua/siboru SanggulHaomasan)
Dan pada marga ini, mereka dapat menyatu. Sebab jelas kita ketahui bahwa istri pertama adalah Ina Naisuanon tapi anak yang pertama lahir ialah dari Ina Naiambaton dan pomparan ini setuju bahwa Naibaton menjadi siangkangan walaupun Naisuanon dari Istri pertama. Nah hata sada pada pomparan kita lah yang sulit kita temukan, mungkin dari cerita ini bisa melunak pada pikiran kita semua.

Nah, ada juga 1 lagi contoh. Dari Abang Raja Ni Naipospos yaitu Siraja Oloan yang memiliki dua istri juga.
1. Ina Boru Limbong (inang dari si Baho atau Baho Radja)
2. Ina Boru Lingga yang memiliki 3 anak,
• Sihotang
• Si Toga Bakkara (yang menjadi marga Bakkara)
• Si Toga Sinambela (yang menjadi marga Sinambela)
Dimana juga kita ketahui bahwa pada Si Baho ia memakai nama Naibaho untuk menunjukkan bahwa ia beda ibu dengan ketiga saudaranya yang lain(Sihotang, Bakkara, dan Sinambela).

Hemmmm,,.,.
Menurut bahasa Batak asli, arti dari Toga ialah anak. Jadi kalau disebut Toga Naipospos, maka berarti anak dari Naipospos dan Toga Dari Naimarbun adalah Marbun.
Maka dari Toga Marbun,
1. Raja Lumban Batu,,
2. Raja Banjarnahor,
3. Raja Lumban Gaol dan
4. Seorang Putri tetapi meninggal pada masa remajanya.

Dan dari Toga Pospos
1. Donda Hopol (cikal bakal marga Sibagariang)
2. Donda Ujung (cikal bakal marga Hutauruk)
3. Ujung Tinumpak (cikal bakal marga Simanungkalit)
4. Jamita Mangaraja (cikal bakal marga Situmeang)
5. X (Dimana mati muda dan tidak sempat memiliki keturunan)
Jadi mungkin inilah yang kebanyakan dikatakan oleh Parhuta Raja yang selalu menyatakan anak dari Naipospos adalah 5, dan memang benar dan anak Kelima bukanlah Marbun. Dan Anak dari Raja Ni Naipospos adalah 2 seperti yang kita ketahui.
Dan, mengapa sipoholon disebut Pospos berasal dari Naipospos tersebut.

Ompu kita si Raja Ni Naipospos/Raja Sidangoldangol disebut juga Ompu sigulang batu (dimana ketika musuhnya datang, ia menggulingkan batu dari puncak atau atas Dolok Imun untuk mengusir musuhnya datang). Istri Ompu Raja Sidangoldangol adalah boru pasaribu dari huta Sihole Limbong tapi dikemudian hari OrangTuanya mengganti marga Menjadi Limbong karena sesuatu hal dan mereka juga bermukim di Limbong(jadi jika ada marga Limbong yang berubah marga kembali menjadi Pasaribu, itulah hula-hula kita. Dimana mereka juga mengakui kebenaran dari cerita ini)
Keturunan dari Raja Ni Naipospos,,
1. Martuasame(Marbun) Beristri boru Pasaribu
2. Pospos(Sipoholon) Beristri 2
• Yaitu Istri pertama tidak diketahui boru nya (yang melahirkan Donda Hopol)
• Dan Istri Kedua boru Siburian (ibu dari Donda Ujung, Ujung tinumpak, dan Jamita Mangaraja)
3. Putri Pertama, kawin dengan Raja Nagor (Manik), bermukim di daerah Silindung.
4. Putri Kedua, kawin dengan Silitonga
5. Putri Ketiga, kawin dengan Manalu (M. Dolok)
6. Putri Keempat, meninggal saat remaja.

Dan juga satu pemahaman lagi buat ampara-ampara saya marga Marbun, bahwa seseorang akan mendapat gelar raja bilamana ia dapat membuka perkampungan. Jadi yang pergi ke Bakkara ialah anak dari Marbun, dan membuka perkampungan disana. Jadi Marbun tetap tinggal di Dolok Imun dan Jasadnya masih berada di Dolok Imun (mungkin dekat dengan mual Tabu). Jadi tidak mungkin membuat kampung di Tanah Orangtuanya, sehingga keturunan dari marga Sipoholon tidak ada yang bergelar raja. Karena tinggal dikampung Orangtuanya Raja Ni Naipospos


Di Dolok Imun ada Mual/Mata air yang bernama Sipitu Mual, yang dibuat bersama-sama oleh ketujuh cucu dari Raja Ni Naipospos dengan menancapkan tombak nya, sehingga terjadi Tujuh mata air. Dan juga sekarang Di lereng Gunung Mual ni Raja Ni Naipospos dekat dengan batu Hitam yang berukuran kurang lebih 4 m2 dengan tinggi 2 m. yang mana batu tersebut terkadang dapat dilihat/timbul dan kadang menghilang.

Naah……..,..
Buat ampara, ito, amang dan inang.,
Mohon dipahami, sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya,,

Selama ini kita selalu bermasalah mengenai pomparan kita, sehingga kita jarang menemukan kata sada pada suatu kegiatan,,
Jika kita mengenal ompu kita, leluhur kita. Maka ia akan memberi berkat nya kepada kita.
Tuhan Memberkati Kita..

27 komentar:

  1. Horas,
    Mantaps isi blog appara ini, penuh semangat dan enerjik. Untuk para pembaca bisa menambah pengetahuan tentang tarombo Raja Naipospos. Oh ya appara..ada yg perlu diperbaiki mengenai urutan marga, karena ini sangat vital buat kita sebagai org batak, kalo kurang tepat penempatannya, bisa berakibat salah di acara adat.
    di sini aku titipkan tulisan dari appara kita marga sibagariang untuk dijadikan data atau jadi acuan, appara bisa buka di http://www.tarombo-naipospos.blogspot.com/

    Terus menulis appara..
    HORAS
    Hotland Marbun

    BalasHapus
  2. Saya sangat sependapat dengat tulisan 'Keturunan dari Raja Ni Naipospos hanya ada 2, yaitu:
    1. Marbun, yang nanti keturunanya menjadi cikal bakal marga Lumban Batu, Banjarnahor, Dan Lumban Gaol.
    2. Sipoholon, yang nanti keturunanya menjadi cikal bakal marga Sibagariang, Hutauruk, Simanungkalit, dan Situmeang.
    (bukan 5 menurut versi lain)
    Opung-hu, Natua-tua i pe songoni do disuhuthon tu au!
    Maaf bila kurang berkenan.
    Horas jala Gabe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas, saya marga hutauruk yg sebenarnya itu adalah sipoholon lah siakkangan, knpa... Dalam tutur batak walaupun kita lahir dluan tpi kepada anak Bapak atau Mamak tua kita hrus kita panggil abg, sama hal nya dgn si marbun, istri pertama oppung kita Melahirkan sipoholon istri kekedua melahirkan simarbun, nah walaupun simarbun yg dluan, karna oppu yg melahirkan sipoholon adalah istri pertama berarti simarbun tetap panggil abg sama si poholon.

      Hapus
  3. Salud karena dari nama "Kita Batak Muda" terurai sesuatu yang cukup dalam. Tulisan ini banyak membuka mata kami dan banyak melengkapi informasi leluhur sendiri. Kami berharap uraian ini akan indah bila tidak mencari siapa yang benar tapi saling melengkapi dan biarlah kebenaran akan nyata dengan sendirinya.

    Oleh karena itu kami punya informasi bahwasanya Marbun mempunyai dua putri (Ada kami tulis di bloger kami). Kami ulangi 1x lagi, tidak untuk mencari pembenaran, tapi demi kebenaran.

    Sahat-sahat ni solu... Horas.

    BalasHapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  5. Berarti pas yg dikalangan itu Sipoholon walaupun si Marbun yg dluan, Nah kita kembali ke tutur, Apakah appu yg ke 2 atau yg melahirkan simarbun berani memanggil adek ke oppy yg 1, atau yg melahirkan sipoholon, tidak kan, Nah Begtu jga lah dgn Tutur mereka, walau pun dluan simarbun yg dluan lahir, tutur tetap dia sebagai si adekan... Dalam tutur batak kelahiran itu, tidak menjadi patokan untuk penentu tarombo siakkangan, sama hal nya dengan skrg, anak dri Bapak Tua kita walaupun dluan kita lahir tetap kita panggil abg sama dia...

    BalasHapus
  6. op raja lalo/<5>.manalaksak/no 14.sian BARUS BUKIT HASANG. Di jakarta sonari hami
    Wa 081386138899

    No wa berapa ping saya masukin group wa Mauliate

    BalasHapus
  7. point yg sangat bagus buat pomparan raja ni naipospos
    tapi klo boleeh tau urutan ya
    sibagariang
    hutauruk
    marbun
    simanungkalit
    situmeang

    yg di pecah jdi 2 yaitu toga marbun dan toga naipospos.

    BalasHapus
  8. Horas. Saya wijaya Simanungkalit. Sipoholon hanya nama daerah yang ada di Tapanuli Utara, tidak lebih. Saya tidak setuju dgn tulisan appara. Sampai sekarang tidak pernah dipanggil Sipoholon Sibagariang, Sipoholon Hutauruk, Sipoholon Simanungkalit, Sipoholon Situmeang. NB: dang margorat mudar anggo didokkon Toga Sipoholon, tp kalau dibilang Raja Naipospos langsung margorat do mudar niba. Jgn karena Marbun pakai Toga Marbun yg lain jd pakai Toga.

    Karena yg diajarkan Oppung kami tuh Urutanya :

    Ina 1 : Sibagariang, Hutauruk, Simanungkalit, Situmeang.
    Ina 2 : Marbun.

    Di Silindung tu, siapa anak sikakaan walaupun anak adiknya duluan lahir tetap anak adiknya manggil abang ke anak pertama. . Dolok Imun tu di Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara. Jd otomatis kita ikut adat dari Silindung. . Bravo Si Raja Naipospos.

    BalasHapus
  9. Horas. Saya wijaya Simanungkalit. Sipoholon hanya nama daerah yang ada di Tapanuli Utara, tidak lebih. Saya tidak setuju dgn tulisan appara. Sampai sekarang tidak pernah dipanggil Sipoholon Sibagariang, Sipoholon Hutauruk, Sipoholon Simanungkalit, Sipoholon Situmeang. NB: dang margorat mudar anggo didokkon Toga Sipoholon, tp kalau dibilang Raja Naipospos langsung margorat do mudar niba. Jgn karena Marbun pakai Toga Marbun yg lain jd pakai Toga.

    Karena yg diajarkan Oppung kami tuh Urutanya :

    Ina 1 : Sibagariang, Hutauruk, Simanungkalit, Situmeang.
    Ina 2 : Marbun.

    Di Silindung tu, siapa anak sikakaan walaupun anak adiknya duluan lahir tetap anak adiknya manggil abang ke anak pertama. . Dolok Imun tu di Kec. Sipoholon Kab. Tapanuli Utara. Jd otomatis kita ikut adat dari Silindung. . Bravo Si Raja Naipospos.

    BalasHapus
  10. Pokoknya mantap sebagai sumber informasi.
    Pesan : siapapun yg menjadi abg atau adek, tapi tetaplah kita untuk kokoh menjaga persatuan Naipospos. Kalau masalah adek dan abg tidaklah rugi jika kita panggil secara bergantian, contohnya marbun dtg ke rumah sibagariang (bisalah marbun panggil abg) dan sebaliknya. Tetap Jaya Pomparan Naipospos 😇😇
    Maaf jika ada yg slh tulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan. Mencerahkan, sejuk dan nyaman kalimat komentar mu Aparaku "Unknown". Jadi, menurut ku sudah tepat tulisan mu tersebut Apara.

      Ikuti kalian ini, sudah terang benderang Aparaku ini ngomong, jangan lagi KERAS KEPALA ya.
      Tetap Jaya Pomparan Raja Naipospos 🇲🇨😊.

      Hapus
  11. Tutur orang batak tidak pernah dibawa dari boru atau perempuan

    BalasHapus
  12. Setuju do au, 2 do Parsonduk bolon Siraja Oloan, alai Limbong dohot Pasaribu. dang Limbong dohot Lingga.
    adong do data2 na amang.

    BalasHapus
  13. Sipoholon, marbun..sampai saat ini hanya itu yg di perdebatkan..menurutku itu tdk begitu penting.. Mau sipoholon yg pertama.. Mau marbun yg pertama.. Aku tdk begitu memikirkan itu.. Molo pajumpang au dht bagariang,hutahuruk,simanungkalit situmeang..appara do panjouon nami,dangadong siangkangan-siangkangan..setingkat, selevel, samudar,saompu..ima ompu raja naipospos.molo boi unang be di perdebathon hamu i angka natua tua. Ml tung isepe siangkangan,dang boi manontuhon na gabe anak haholongan ni Debata ibana.. Ise na patoru roha ido na gabe anak siangkangan ni Debata sitompa saluhut.. Horas ma di hita popparan ni Oppu Raja NAIPOSPOS.tabe sian ahu.. St.T.Lumban Batu.

    BalasHapus
  14. Sipoholon, marbun..sampai saat ini hanya itu yg di perdebatkan..menurutku itu tdk begitu penting.. Mau sipoholon yg pertama.. Mau marbun yg pertama.. Aku tdk begitu memikirkan itu.. Molo pajumpang au dht bagariang,hutahuruk,simanungkalit situmeang..appara do panjouon nami,dangadong siangkangan-siangkangan..setingkat, selevel, samudar,saompu..ima ompu raja naipospos.molo boi unang be di perdebathon hamu i angka natua tua. Ml tung isepe siangkangan,dang boi manontuhon na gabe anak haholongan ni Debata ibana.. Ise na patoru roha ido na gabe anak siangkangan ni Debata sitompa saluhut.. Horas ma di hita popparan ni Oppu Raja NAIPOSPOS.tabe sian ahu.. St.T.Lumban Batu.

    BalasHapus
  15. Sipoholon, marbun..sampai saat ini hanya itu yg di perdebatkan..menurutku itu tdk begitu penting.. Mau sipoholon yg pertama.. Mau marbun yg pertama.. Aku tdk begitu memikirkan itu.. Molo pajumpang au dht bagariang,hutahuruk,simanungkalit situmeang..appara do panjouon nami,dangadong siangkangan-siangkangan..setingkat, selevel, samudar,saompu..ima ompu raja naipospos.molo boi unang be di perdebathon hamu i angka natua tua. Ml tung isepe siangkangan,dang boi manontuhon na gabe anak haholongan ni Debata ibana.. Ise na patoru roha ido na gabe anak siangkangan ni Debata sitompa saluhut.. Horas ma di hita popparan ni Oppu Raja NAIPOSPOS.tabe sian ahu.. St.T.Lumban Batu.

    BalasHapus
  16. Sipoholon, marbun..sampai saat ini hanya itu yg di perdebatkan..menurutku itu tdk begitu penting.. Mau sipoholon yg pertama.. Mau marbun yg pertama.. Aku tdk begitu memikirkan itu.. Molo pajumpang au dht bagariang,hutahuruk,simanungkalit situmeang..appara do panjouon nami,dangadong siangkangan-siangkangan..setingkat, selevel, samudar,saompu..ima ompu raja naipospos.molo boi unang be di perdebathon hamu i angka natua tua. Ml tung isepe siangkangan,dang boi manontuhon na gabe anak haholongan ni Debata ibana.. Ise na patoru roha ido na gabe anak siangkangan ni Debata sitompa saluhut.. Horas ma di hita popparan ni Oppu Raja NAIPOSPOS.tabe sian ahu.. St.T.Lumban Batu.

    BalasHapus
  17. baligaol.blogspot sudah melakukan pencerahan melalui tulisan diatas.
    Mengenai siakangan, janganlah kembali diperdebatkan. Informasi yang tercantum di tulisan blogspot ini sudah valid dari turun temurun. Saran ku untuk yang kontra dengan tulisan di blogspot ini, ada baiknya kalian konsultasi ke orang tua, tokoh adat, dan bila perlu keliling Indonesia, lalu kemudian kalian masuk dan ikuti punguan orang tua yang ada di sekitar tempat tinggal(untuk perantau), supaya tidak tersesat akibat konsumsi "Tarombo Sesat" yang belakangan ini gencar dilakukan oleh "RPS". Semua Blogspot, Wikipedia, Facebook group, buatan dia. Lebih lucunya lagi, blogspot dibuat atas nama Marga Marbun seolah-olah Marga Marbun yang buat ,padahal si RPS ini dalangnya dan juga Wikipedia pun disunting oleh RPS bahkan dibuatkannya bagan silsilah Raja Naipospos. Hingga saat ini aku masih heran dengan si RPS ini, kok ketika ku sanggah KESESATAN Tarombo nya di facebook saat itu juga aku diblokir hingga tidak bisa berkomentar dll. Semua jejak si RPS ini berceceran di google dan yang lebih ngeriiiii telah dijadikan bahan saduran oleh beberapa blogger.
    Oleh karena itu, sudahlah, jaga dan lestarikan Tarombo Raja Naipospos yang dari sebelum kalian lahir sudah ada.
    Perkenalkan, nama ku "Marudut Pandapotan Marbun Lumban Batu .
    Salam persaudaraan Raja Naipospos.
    Horas Horas Horas!!!
    🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨

    BalasHapus
  18. Ise namambaen fostinganon holan 1 do tujuan na. Bikin blog nti banyak yg baca coment. Dapat duit dari googel adsenbse..semua yg difosting hanya tiruan dari bloger yg lain...mlo toho batak do nammbaen fostinganon harap minta mf...mauliate

    BalasHapus
  19. Kalau benar sipoholon anak naipospos dimana kuburannya?
    Dimana tinggal ( hutana)?
    Apa bukti peninggalannya?
    Mana anak nya?
    Sebab kami Sibariang Simanungkali hutauruk situmeang meyakini secara pasti dan benar kami bukkan keturunan orang bernama sipoholon.

    BalasHapus
  20. Perlu Anda belakar lagi sejarah. Anak Raja Naipospos ada 5 dari 2 istri.
    Bagariang, Hutauruk,Simanungkalit dan situmeang dari istri pertama
    Dan Marbun dari istri kedua.

    BalasHapus
  21. Saya sudah belajar kurang lebih 30 thn hingga saat ini tetap masih belajar, ngobrol dgn yang berumur hingga 90 thn, aktif dipunguan yang nyata hingga saat ini. Dengan pembelajaran inilah saya terhindar atau tidak akan berjumpa atau berdiskusi dgn manusia hantu "unknown". Oleh krn pembelajaran ini pulalah maka saya mampu membantah KESESATAN yang secara masif bergentayangan dimana-mana seperti blogspot liar dan sesat atau hantu "unknown".
    Mereka ( hantu "unknown" dan pemilik blogspot liar dan sesat ) diluar sana mau kembali ke jalan yang benar atau tidak, bukan urusan saya. Hanya 1 orang hantu "unknown" yang memilih sesat, tidak MAMPU MERUSAK PERTAHANAN KELUARGAKU NAIPOSPOS. Aku paling depan akan menjaga!!! Tuhan beserta kita. Amin

    BalasHapus
  22. Dengan ini saya sampaikan sikap terbuka dan teguh bahwa saya SEPANDANGAN ATAU SEPENDAPAT dengan KOMENTAR >>> MPLB ID 10 Desember 2018 06.30.

    BalasHapus
  23. Saya mau nanya admin
    Kalo marga situmeang bisa gak menikahi marga Hutauruk mohon penjelasan nya min ...🙏🙏

    BalasHapus